Cara Cek Bansos BPNT dan PKH Online Kemensos Terbaru 2022

Bantuan Sosial BPNT dan PKH, adalah salah satu program pemerintah yang masih berlanjut hingga kini. Oleh sebab itu penting bagi kita mengetahui Cara Cek Bansos BPNT dan PKH.

Program Bantuan Sosial Pemerintah yang berbentuk pangan ini sangat membantu masyarakat miskin yang terdampak wabah pandemi beberapa saat lalu.

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah tidak hanya berbentuk pangan dan kebutuhan poko, namun ada beberapa jenis bantuan sperti pemberian uang tunai hingga jaminan pendidikan.

Pada Program Bantuan BPNT penyaluran yang dilakukan pemerintah adalah kepada masyarakat yang memiliki kartu elektronik.

Masyarakat pemegang kartu ini akan mendapatkan bantuan yang disalurkan pemerintah dalam bentuk bantuan non tunai.

Oke sob, sebelum kita lanjutkan ke cara cek bansos BPNT dan PKH, admin akan bawa kalian untuk mengenal lebih jauh terkait bansos BPNT dan PKH.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai atau yang lebih kita kenal dengan BPNT adalah salah satu bantuan sosial pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat pemegang kartu elektronik.

Selain itu penyaluran BPNT adalah salah satu bentuk dari program pemerintah yang ingin menciptakan keluarga yang sejahtera terkait pangan dan pendidikan.

Tidak hanya itu, pemerintah telah menetapkan kriteria sendiri terkait keluarga yang berhak mendapatkan bantuan BPNT melalui data terpadu kesejahteraan sosial.

Penyaluran bantuan yang diberikan pemerintah kepada keluarga penerima manfaat adalah sebesar 200 ribu rupiah perbulannya.

Bantuan yang akan terus berlanjut guna membangun pertumbuhan ekonomi negara dan membentuk keluarga sejahtera ini, tidak bisa dilakukan penarikan berupa uang tuna.

Keluarga penerima manfaat hanya bisa mencairkan bantuan ini dalam bentuk sembako atau kebutuhan pangan seperti beras, telur minyak goreng dan sebagainya.

Di tahun ini kabarnya pemerintah tetap akan memberikan bantuan sosial BPNT melalui program Kartu sembako sebesar 300 ribu rupiah. Namun tidak semua KPM mendapatkan tambahan bantuan ini.

Kriteria Penerima Bansos BPNT

Kriteria Penerima Bansos BPNT

Penerima bantuan BPNT ditetapkan oleh beberapa kriteria khusus penerima bansos. Karena hanya KPM terpilih dan terdata di DTKS yang berhak mendapatkan bantuan ini.

Adapun beberapa kriteria keluarga penerima bantuan sosial telah admin rangkum dibawah ini, silahkan sobat semua perhatikan kriteria berikut ini karena tidak seluruh anggota keluarga berhak mendpatkan bantuan BPNT

Kriteria Keluarga Penerima Manfaat BPNT

  1. Keluarga Miskin atau kurang sejahtera
  2. Bukan anggota aparatur sipil negara PNS, TNI dan Polri
  3. Keluarga terdampak pandemi covid-19
  4. Keluarga Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
  5. Keluarga Penerima Manfaat

Itulah beberapa persyaratan utama yang menjadi kualifikasi pemerintah untuk menentukan kriteria keluarga penerima Bantuan sosial BPNT.

Adapun Tujuan Pemberian Bantuan ini untuk memberikan kemudahan bagi keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok, guna mewujudkan keluarga sejahtera.

Beberapa tujuan pemerintah menyalurkan bantuan BPNT udah admin siapin dibawah ini, silahkan disimak..

Tujuan Penyaluran Bansos BPNT

Tujuan Penyaluran Bansos BPNT

Program pemerintah yang ingin membangun perekonomian negara, sejalan dengan pemberian bantuan guna mewujudkan keluarga sejahtera dan menanggulangi kemiskinan.

Selain itu tujuan pemberian BPNT kepada keluarga penerima manfaat merupakan suatu program yang dapat meringankan keluarga beresiko dan juga keluarga terdampak pandemi.

Ada beberapa tujuan lain pemerintah perihal pemberian bantuan sosial BPNT seperti dibawah ini

  • Pembangunan Keluarga Sejahtera, salah satu tujuan pemberian bansos BPNT adalah pembangunan keluarga sejahtera yang berkelanjutan. Pembangunan meliputi berkurangnya kemiskinan dan kelaparan
  • Bantuan Terdampak Bencana, pandemi covid yang tergolong bencana negara ini berdampak melemahnya segala bidang negara, oleh sebab itu tujuan pemerintah memberikan bantuan guna mengembalikan kestabilan pasca pandemi
  • Meringankan Keluarga Miskin, salah satu tujuan tervital yang disasar pemerintah adalah untuk mengurangi beban masyarakat terutama keluarga miskin yang beresiko dalam bentuk standar pangan dan pemenuhan kebutuhan pokok lain
  • Membantu Perbaikan Gizi, bantuan berupa kebutuhan pokok yang dapat membantu kebutuhan gizi keluarga miskin. Guna mewujudkan keluarga sejahtera yang bergizi baik juga sehat

Selain memiliki tujuan seperti yang admin sebutkan diatas, pemberian bantuan sosial BPNT juga memiliki manfaat tersendiri.

Manfaat Penyaluran Bansos BPNT

Manfaat Penyaluran Bansos BPNT

Ada beberapa manfaat penyaluran BPNT selain memiliki tujuan seperti yang admin sebutkan ada manfaat lain seperti di bawah ini.

  • Peningkatan Ekonomi, seperti yang kita ketahui bersama sob, program bantuan BPNT berbentuk pangan ini dapat dibcairkan ke warung penyedia sembako pilihan. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi pemilik usaha mikro e-warung sembako akan meningkat yang akan membuat pertumbuhan ekonomi semakin membaik.
  • Peningkatan Ketahanan Pangan, keluarga penerima manfaat dan penerima BPNT akan mendapatkan manfaat ketahanan pangan lebih baik.
  • Gerakan Nasional non Tunai, pemerintah yang kini tengah menggerakkan gerakan non tunai, agar transaksi lebih efisien dengan adanya kartu kesejahteraan sosial.

Nah setelah sobat semua mengetahui beberapa kriteria, tujuan hingga manfaat penyaluran bantuan sosial BPNT.

Sobat yang memiliki kriteria sperti yang admin sebutkan diatas, bisa daftar online melalui aplikasi. Oke jangan skip ulasan setelah ini sob.

Cara Daftar Bansos BPNT Online

Cara Daftar Bansos BPNT Online

Pendaftaran online dengan aplikasi Cek Bansos Kemensos bisa sobat download langsung di Playstore. Oiya sob, pendaftaran ini hanya ditujukan untuk keluarga penerima manfaat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan BPNT.

Untuk langkah pendaftarannya, sobat bisa ikuti cara yang admin berikan dibawah ini

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos Kemensos dan lakukan pemasangan
  2. Sobat mesti melakukan pendaftaran dengan menggunakan KTP, NIK dan KK
  3. Isi alamat email untuk melakukan verifikasi akun
  4. Masukkan kode yang dikirimkan ke email menandakan akun telah terverifikasi
  5. Selanjutnya sobat tap menu Tambah Usulan dan Pilih Bantuan BPNT
  6. Isi form dengan data lengkap dan sesuai dengan data yang dimiliki.
  7. Sistem aplikasi akan mengecek data untuk mendapatkan Bantuan BPNT

Nah kalau usulan bantuan yang sobat ajukan diterima dan berhasil diterima sebagai Keluarga Penerima Manfaat akan muncul data yang sobat ajukan.

Seterusnya sobat akan mendapatkan bantuan yang disalurkan pemerintah sebesar 300 ribu rupiah selama 3 bulan awal, dan bantuan ini hanya dapat dicairkan dalam bentuk semabako berupa pangan dan kebutuhan pokok lain di e-warong terpilih.

Cara Cek Bansos BPNT dan PKH

cekbansos.kemensos.go.id

Buat sobat yang nama dan NIK-nya telah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat yang berhak mendapatkan bantuan berupa BPNT dan PKH.

Ada beberapa cara cek bansos BPNT dan PKH yang bisa sobat lakukan sendiri baik melalui website resmi dan melalui aplikasi.

Adapun caranya udah admin siapin berikut ini.

Cara Cek Bansos BPNT/PKH Melalui Website cekbansos.kemensos.go.id

Untuk langkah cek bansos BPNT melalui website cekbansos.kemensos.go.id, bisa sobat ikuti langkah yang admin berikan seperti dibawah ini.

  1. Buka Browser pada handphone sobat dan masukkan alamat website cekbansos.kemensos.go.id pada pencarian
  2. Pilih Provinsi / Kab/Kota / Desa/Kel sesuai dengan data KTP yang akan sobat cek bansos
  3. Tulis Nama Lengkap Penerima Bansos dan
  4. Masukkan Captcha dengan benar
  5. Tap Cari Data
  6. Tunggu hasil dari sistem berupa nama penerima bansos yang sobat masukkan.

Cara Cek Bansos BPNT dan PKH Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Cara Cek Bansos BPNT dan PKH Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Selain melakukan pengecekan melalui website resmi cekbansos.kemensos.go.id, sobat juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi Cek Bansos yang berhasil kalian instal di atas tadi.

Untuk cara cek bansos BPNT dan PKH melalui aplikasi bisa sobat ikuti langkah ini

Cara Cek Bansos BPNT dan PKH via Aplikasi

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos
  2. Sobat Tap Menu Cek Bansos dan
  3. Masukkan alamat sesuai dengan KTP yang akan sobat cari
  4. Tap Cari Data dan
  5. Tunggu hasil pencarian dari aplikasi

Ketika nama yang sobat masukkan keluarkan dan berhak menerima BPNT, sobat bisa langsung menyimpan bukti penerima bantuan.

Cara Cek Saldo BPNT

Cara Cek Saldo BPNT

Ada beberapa cara cek saldo BPNT yang bisa sobat gunakan untuk melakukan pengecekan saldo pada kartu KKS.

Berikut ini cara cek saldo BPNT yang bisa sobat ikuti langkahnya dengan mudah

  • Cek Saldo ke Bank, sobat bisa datangi langsung bank yang juga bekerjasama pada program bantuan BPNT ini. Siapkan dokumen berupa KK, KTP dan Kartu KKS. Juga jangan lupa sobat membawa buku tabungan yang digunakan untuk rekening BPNT.
  • Cek Saldo BPNT via SMS, untuk sobat yang menggunakan rekening bank dan mendaftarkan nomor telepon untuk sms banking, bisa melakukan pengecekan saldo BPNT melalui sms banking.
  • Cek Saldo via M-Banking, sobat yang menggunakan layanan m-banking juga bisa melakukan pengecekan saldo BPNT melalui aplikasi mbanking sesuai dengan bank yang didaftarkan.
  • Cek di e-Warong, agen sembako dari pemerintah ini juga bisa sobat jadikan alternatif untuk melakukan pengecekan saldo BPNT.

Oke sob, sekian informasi yang dapat admin berikan kali ini. Semoga sobat yang lagi cari referensi Cara Cek Bansos BPNT dan PKH bisa terbantu dan memudahkan sobat lewat apa yang admin bagiin kali ini.

Kunjungi terus lppdjatim.id, karena tiap harinya pasti ada informasi terbaru dan terupdate.. See you guys..